Stress Bisa Menggemukkan Badan atau Malah Mengurangi berat badan?

http://caramenambahberatbadanprofesional.blogspot.co.id/2016/02/stress-bisa-menggemukkan-badan-atau.html

Stres, baik itu dalam pekerjaan Anda atau dalam kehidupan pribadi, dapat mendatangkan malapetaka pada kebiasaan makan Anda. Ketika Anda berada dalam kondisi stres, keseimbangan hormon dalam tubuh Anda dapat berubah, menyebabkan anda bimbang, peningkatan nafsu makan atau bahkan malah kurangnya  nafsu makan. 

Waktu yang terbatas, faktor energi dan suntikan motivasi juga dapat mempengaruhi pendekatan fisiologis untuk makanan, serta apa jenis makanan yang Anda makan . Perubahan berat badan karena stres sangat bervariasi tergantung dari gen tiap-tiap orang dan bagaimana mereka menanggapi situasi stres tersebut.


Hubungan stres dengan Cara Menggemukkan Badan


Bagi sebagian orang, timbul sedikit stres dalam hidup  akan meningkatnya kebiasaaan ngemil tanpa disadari. Entah makan coklat , kripik atau makanan ringan; Sementara di posisi stres yang berlangsung tersebut itu sebenarnya malah menguras emosi dan tidak memperhatikan apakah sejumlah besar makanan yang kita makan sehat atau tidak. 

Dan Bagi sebagian  orang lainnya , situasi stress yang berdampak pada kecemasan berlebihan malah menginduksi pola pikir yang menyebabkan melewati jadwal  makan dan kehilangan nafsu makan. Untuk alasan ini, stres dalam kehidupan kita dapat menyebabkan berat badan bertambah ( dan tentu saja lemak ) atau malah sebaliknya , yaitu penurunan berat badan.





Pengaruh hormonal pada berat badan

Stres dapat memiliki efek yang lebih kuat pada tubuh manusia dibandingkan orang yang sering berpikir. Orang stres memproduksi perubahan fungsi dari sistem endokrin yang dihasilkan oleh tubuhnya. Hormonal umum, inilah sejumlah alasan mengapa stres dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Ketika kita stres, tubuh melepaskan adrenalin, selain corticotrophin releasing hormone (CRH) dan kortisol. Campuran  ini memberi kita dorongan energi instan dan sebagian orang dapat mengurangi nafsu makannya ; Namun, efek ini hanya jangka pendek. Karena Sistem ini adalah respon melawan pada kondisi pikiran stres tersebut.

Kortisol adalah hormon yang berlangsung yang diperkirakan tetap pada tingkat tinggi karena penyebab stres . Kortisol ini  berperan untuk merangsang rasa lapar sehingga tanpa sadar kortisol  mensuplai energi yang dikonsumsi selama melawan posisi stres tersebut. Maka itulah terjadi  Peningkatan nafsu makan . Tingginya kadar kortisol juga cenderung mengakibatkan akumulasi lemak di sekitar area perut, yang dianggap paling berbahaya dalam hal meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.



Keinginan makan berlebih 

Pernahkah anda menemukan diri Anda sendiri  bernafsu untuk melahap makanan lain setelah minum semangkuk kolak es  atau sesuatu yang manis lainnya ketika pikiran Anda berada di bawah lingkaran stres? 

Sebuah keinginan untuk keinginan makan berlebih  adalah respon umum yang berasal dari stres hormon, gula merupakan cara tercepat didalam mengisi otot yang akan diperlukan dalam respon melawan stres. Karbohidrat yang masuk dalam tubuh dalam bentuk gula kemudian masuk sel darah anda. kemudian penyerapan gula dari darah menuju sel-sel dalam tubuh untuk asupan insulin dan disinilah faktor penyebab  tingginya tingkat gula darah anda. Dan inilah salah satu penyebab kenaikan berat badan.






Sementara ada beberapa jenis hormon manusia yang  memiliki efek  lainnya pada nafsu makan dan berat badan di hadapan situasi stres, untuk beberapa derajat pikiran juga dapat berkontribusi pada jumlah dan jenis makanan yang hendak kita makan. Sehingga orang jenis ini tidak ingin makan untuk melawan stresnya .  Pada orang-orang sejenis ini  stres dapat menyebabkan penurunan berat badan drastis.

 Stres yang sedang berlangsung serius dapat menyebabkan kecemasan, yang sering dapat memicu penurunan berat badan yang tidak disengaja. Kecemasan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, nyeri perut, atau perasaan kenyang setelah mulai makan, sehingga asupan makanan yang kurang disaat kondisi stres berlangsung. Maka abaikan dulu keinginan Cara Menggemukkan Badan jika anda masih saja  stres.

Mereka yang berada di bawah kondisi stres berlebih sangat mungkin mengabaikan jasupan makan mereka, karena orang-orang sejenis ini  menempatkan makanan sebagai prioritas rendah dibandingkan dengan acara lainnya dalam hidup mereka. 
Hal ini menyebabkan mereka melewatkan jadwal makan dan sering mengakibatkan penurunan berat badan. Jika ini adalah kasus untuk Anda, penting untuk belajar dari seorang profesional kesehatan untuk menghilangkan resiko   kekurangan gizi yang tentu  memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan Anda .



Apa yang harus dilakukan untuk meminimalkan stres dan menjaga berat badan Anda agar tetap ideal ? 
.
.
.

1. Exercise/Olah tubuh

Ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres sekaligus membakar kalori. 
Pada hakikatnya ,di saat  anda sedang  olah tubuh atau berolahraga, hormon yang dilepaskan dapat menangkal hormon stres dan membuat mood Anda merasa lebih baik. Olahraga  juga dapat membantu untuk mengontrol insulin dan kadar gula darah, yang berfungsi untuk menekan nafsu makan berlebih. Namun, penting untuk menyadari bahwa olahraga berlebihan juga sebenarnya dapat meningkatkan kadar kortisol, sehingga memilih suatu kegiatan atau olahraga yang tidak terlalu intensif agar  Anda menikmati hidup sekaligus meminimalisir stres yang akan datang .

Merutinkan joging pagi minimal 3 kali seminggu adalah aktivitas yang bisa anda jadikan prioritas kesehatan anda. Ini hanya contoh saja. Anda bisa memilih olahraga lain yang menurut anda sesuai dengan minat anda. Yang penting anda konsisten melakukan aktivitas olah tubuh ini minimal 3 kali seminggu . 

Anda dilarang keras untuk bertindak gak beres , maksud saya adalah. Disitu anda sudah sakit , disitu pula anda mulai berolahraga. Nanti disaat anda sembuh anda sudah tidak nafsu lagi berolahraga . Ini yang saya maksud tindakan tidak beres ( kebanyakan dilakukan anak mahasiswa/i )

Dan lagi , jangan pula anda berolahraga secara berlebihan. sesuai yang sudah saya sebutkan diatas , itu juga malah membuat diri anda makin stres.
Contoh  :

Pagi hari anda lari pagi , siang anda main basket ( karena anda pemain basket ) lalu sore hari anda Fitnes . Malam hari anda main futsal bersama calon mertua.Terakhir , tengah malam anda gak bisa tidur karena memikirkan mantan.  

Justru semakin anda memperbanyak olahraga malah membuat tingkat kortisol anda naik , dan membuat anda lebih stres. Kadar olah tubuh harus yang wajar.


2 . Rilex

Mengambil waktu untuk bersantai dan melakukan sesuatu untuk Anda adalah cara terbaik untuk mengalahkan stres. Jadi tidak peduli seberapa sibuk diri anda,  Anda harus selalu membuat waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati yang mengalihkan perhatian Anda dari kehidupan sehari-hari Anda. Kali ini untuk bersantai haruslah membantu Anda mendapatkan perspektif berbeda dalam keseharian yang mampu membuat tubuh dan pikiran rilex sekaligus nyaman.

Bersantai tidak perlu anda menunggu hari minggu saja di saat anda hendak nonton konser atau bertamasya bareng keluarga.

Rilex yang saya maksud adalah anda menyempatkan waktu beberapa saat dalam satu hari full untuk menyamankan otak.

Anda bisa mendengarkan musik kesukaan anda , bermain game yang anda inginkan , atau hal hal kecil yang membuat pikiran anda terbang bagikan burung yang bebas di langit luas.

Misal , anda pulang kerja : anda bisa menyempatkan waktu 1 jam untuk berenang , main layangan , nonton kartun kegemaran anda atau main game di hape anda.


Tapi ingat anda dilarang keras untuk mengisi Aktivitas yang malah menyiksa otak anda seperti TTS , membuatkan PR mantan , atau malah membantu tetangga mencari monyetnya yang hilang. Itu sama saja anda memposisikan otak anda untuk terus bekerja bekerja dan bekerja.   Ingat !!!Otak butuh istirahat.


Program ini bertujuan agar anda membiasakan diri untuk mengontrol tekanan hidup. Karena kebanyakan orang , mengabaikan dirinya dan terlalu larut dalam kesibukan malah membuatnya semakin dekat dengan AMARAH. Maka tidak heran di saat anda pulang kerja malam , tiba tiba anda membentak istri anda hanya karena remote Tv gak kelihatan di mata anda. Atau anda uring-uringan karena anak kecil anda rewel meminta mainan barunya.  



3. Jangan pernah sekalipun melewatkan makan 

Makan makanan biasa yang mengandung karbohidrat kompleks adalah cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah konstan, intinya ,seberat apapun tekanan yang menimpa anda , jangan sekali kali melewatkan jam makan . Walaupun anda dalam posisi di tengah tengah perang dunia. 

Maka tidak heran jika banyak orang selalu gagal untuk  memahami
Cara Menggemukkan Badan bukan?


Kebanyakan orang , khususnya yang kurus , merasa bahwa gak perlu makan juga gak berpengaruh apa apa terhadap tubuhnya. Pola pikir seperti itu salah besar.

Justru jika anda tidak makan , darimana datangnya asupan energi dan gizi baru untuk keseimbangan tubuh anda? Malah anda akan semakin turun berat badannya,  dan stamina anda akan turun drastis. Inilah yang menyebabkan anda cepat sakit. 





KESIMPULAN :

Sebelum anda mengikuti program penambah berat badan , terlebih dahulu anda menormalkan kinerja otak anda , dan menstabilkan kondisi pikiran anda. Karena itu sangat penting untuk kelancaran anda didalam menentukan keberhasilan anda mencapai berat ideal. 




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Cara Menggemukkan Badan